SEKILAS INFO
: - Sabtu, 27-07-2024
  • 4 tahun yang lalu / Terhitung Mulai 12 Desember 2019 SMP Negeri 3 Sungai Keruh berubah menjadi SMP Negeri 2 Sungai Keruh Sesuai dengan keputusan BUPATI Musi Banyuasin
  • 4 tahun yang lalu / Alhamdulillah SMP Negeri 3 Sungai Keruh mewakili kecamatan ke kabupaten lomba Sastra tutur dan tembang batanghari sembilan pada festival Randik 2019.
PEER TEACHING

peer teaching adalah praktek mengajar yang dilakukan seorang guru terhadap guru yang lainnya sebagai siswa. Dalam dunia pendidikan, istilah “peer teaching” lebih dikenal dengan istilah “simulasi” .  Dengan demikian, peer teaching dapat diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar yang dirancang secara sistemik dan sistematis dalam situasi yang tidak sebenarnya. Artinya,  kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan menggunakan subyek yang berbeda. SMP N 3 Sungai keruh semenjak februari 2019 mewajibkan guru baru untuk melakukan test kelayakan melalui peer teaching. peer teaching pertama kali dilakukan pada tanggal 18 september 2019.

Sementara Phyllis Whitney  mengemukakan bahwa: Peer teaching is the process by which a competent pupil, with minimal training and with a teacher’s guidance, helps one or more students at the same grade level learn a skill or concept. Maknanya peer teaching adalah suatu proses agar seseorang menjadi lebih kompeten, melalui suatu latihan yang minimal dan dengan sebuah bimbingan guru untuk membantu satu orang siswa atau lebih pada tingkatan yang sama agar memiliki sebuah kompetensi atau konsep. Definisi tersebut memiliki suatu pemahaman bahwa peer teaching tersebut tidak hanya berlaku dalam pembelajaran orang dewasa saja tetapi berlaku pula dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Artinya, ketika terjadi kegiatan peer teaching di sekolah para siswa dapat diperankan sebagai guru untuk memberikan pemahaman tentang materi pelajaran kepada teman-temannya. Dengan kata lain, kegiatan peer teaching di sekolah dapat diartikan sama dengan kegiatan tutor sebaya. Baik dalam kelompok-kelompok kecil maupun dalam kelompok skala besar.

Peer teaching sangat diperlukan untuk mengoreksi cara kita mengajar apakah metode yang digunakan sudah sesuai, apakah gesture kita mantab, apakah gaya penyampaiannya sudah sesuai dan lain-lain. Yang pasti semua itu bisa memperbaiki cara mengajar/mendidik agar lebaih baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Kategori

Buka chat
Butuh bantuan?
Hai, ada yang bisa dibantu?